Selasa, 14 Mei 2013

WASPADA: Kolesterol Juga Picu Kematian Mendadak


Assalamu'alaikum,

Sadar maupun tidak, kita disuguhi dengan junk food, makanan tinggi lemak, tinggi kolesterol dan tinggi kalori. Waspadalah! Orang yang memiliki tingkat tinggi kolesterol jahat memiliki tiga kali risiko lebih tinggi terkena penyakit jantung iskemik.

Ini adalah temuan dari sebuah studi baru yang melibatkan 73.000 warga Denmark dan telah dipublikasikan dalam Journal of American College of Cardiology.

Kolesterol diketahui terbagi menjadi kolesterol ‘baik’ HDL, kolesterol ‘jahat’ LDL dan kolesterol ‘jahat.’ Kolesterol ‘jahat’ ini adalah sisa-sisa yang mirip partikel kolesterol.

“Kolesterol LDL atau kolesterol ‘jahat’ memang buruk, tetapi penelitian baru menunjukkan bahwa kolesterol ‘jahat’ adalah penyebab langsung dari arteriosklerosis (pengerasan pembuluh darah) yang mengakibatkan penyakit jantung iskemik hingga kematian mendadak,” ujar Profesor Borge Nordestgaard dari Faculty of Health Sciences, University of Copenhagen, dan Dokter Kepala di Herlev Hospital, Denmark.

“Dengan memeriksa 73.000 orang, kami menemukan bahwa peningkatan risiko penyakit jantung iskemik bisa tiga kali lipat akibat kolesterol ‘jahat.’ Hal ini disebabkan oleh kurangnya oksigen ke otot jantung karena penyempitan atau pemblokiran arteri koroner,” tambah Prof. Nordestgaard.
Menurut data dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), sekitar 17 juta orang sudah menjadi korban penyakit jantung, penyebab kematian paling berbahaya di dunia.

“Tingginya kolesterol ‘jahat’ adalah hasil dari tingginya level darah pada lemak normal (trigliserida). Penyebab utama dari tingginya tingkat kolesterol ‘jahat’ adalah kelebihan berat badan dan obesitas. Orang dengan kolesterol ‘jahat’ tinggi harusnya dianjurkan untuk menurunkan berat badan, namun obat seperti statin dan fibrate juga dapat menurunkan kadar kolesterol ‘jahat’ dalam darah,” tutup Borge Nordestgaard.
Selain solusi di atas, solusi aman lainnya untuk menurunkan kadar kolesterol adalah dengan mengkonsumsi SHAKE karena SHAKE mengandung Soy Protein yang mengikis kolesterol dalam tubuh kita (The Magic of Soybean-John Heinnerman, Ph.D.). Untuk lebih jelasnya Tanya Lisda ya :)
Salam "Sehat Karena Diet" 
Wassalam.

Sumber: yahoo.co.id dan sumber lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar